Akankah Suzuki Ecstar Tetap Kompetitif Di Ajang MotoGP Setelah Status Konsesi Dicabut?

Andrea Ianone - Suzuki Ecstar MotoGp
Andrea Ianone - Suzuki Ecstar MotoGp

Infoautomotif.com – Halo Readers… Jika kita bandingkan dengan gelaran kompetisi MotoGP tahun 2017 silam dengan tahun 2018, terlihat bahwa pada musim kompetisi MotoGP 2018 ini Suzuki Ecstar lebih kompetitip, hal ini kemungkinan disebabkan oleh semakin pulihnya kondisi fisik salah satu pebalap mereka yakni Alex Rins, juga status konsesi yang disandang tim Suzuki Ecstar untuk kompetisi MotoGP tahun ini.

Perlu kita ketahui bahwa dengan status konsesi ini berarti Suzuki Ecstar masih mempunyai keleluasaan melakukan settingan atau ubahan pada mesin sepanjang masa kompetisi berjalan, tentu dengan batasan-batasan yang telah ditetapkan oleh regulator dalam hal ini Dorna. Sebaliknya tim-tim dengan status non konsesi menjalani musim kompetisi dengan mesin yang telah disegel, tidak bias diotak-atik lagi. Hal ini tidak lain bertujuan supaya kompetisi berjalan dengan performa motor yang seimbang antara tim-tim mapan dengan tim-tim yang sedang berkembang agar jalannya balapan lebih menarik untuk ditonton.

Pada musim kompetisi 2016 silam GSX-RR bahkan pernah menjuarai satu seri balapan ditangan pebalap Maverick Vinales, tahun itu Suzuki Ecstar memang dalam status konsesi, namun memasuki tahun kompetisi 2017 Suzuki Ecstar yang masuk dalam tim non konsesi kembali terlihat stagnan, ditambah lagi cedera yang dialami pebalapnya Alex Rins, lengkap sudah kesulitan Suzuki Ecstar.

Davide Brivio - Manager Tim Suzuki Ecstar MotoGP
Davide Brivio – Manager Tim Suzuki Ecstar MotoGP

Belajar dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya, tampaknya manager tim Suzuki Ecstar Davide Brivio bener-benar memaksimalkan tahun ini untuk melakukan pengembangan termasuk didalamnya melakukan pengetesan beberapa komponen seperti sasis, mesin dan elektronik. Dilansir dari situs Suzuki-racing.com, Davide Brivio tampak sangat optimis akan kemajuan yang dialami oleh Suzuki Ecstar setelah menjalani latihan dan test di Barcelona kemarin, “Saya pikir ini adalah tes yang berguna hari ini, karena kami perlu menghentikan dan memeriksa lebih detail sasis reinforced carbon terbaru, dan Andrea dan Alex sama-sama menyukai chassis ini. Meskipun yang lain juga memiliki poin positif, jadi kami harus melihat data dan membuat keputusan untuk Assen. Andrea menyelesaikan tesnya pada waktu makan siang, tetapi Alex bisa melanjutkan, jadi dengannya kita bisa membandingkan beberapa pengaturan chassis, geometri, dan hal-hal lain, yang bisa sangat berguna untuk balapan berikutnya untuk meningkatkan paket kami. Sylvain telah banyak membantu kami, mencoba beberapa elektronik baru dan melanjutkan beberapa pengujian lainnya… “ ujar Brivio.

Demikian juga komentar para pebalap Suzuki Ecstar yakni Alex Rins, Andrea Ianone dan test rider Suzuki Sylvain Guintoli, semuanya memberikan komentar positif. Mudah-mudahan usaha Suzuki Ecstar untuk menghadirkan paket motor yang lebih kompetitif untuk seri balapan selanjutnya dapat tercapai, begitu juga untuk tahun-tahun balap berikutnya dimana bisa saja status konsesi Suzuki kembali dicabu,t kita semua berharap GSX-RR akan tetap kompetitif dan bisa bersaing di pack terdepan. (Infoautomotif.com)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*